IMG-LOGO
Kradenan Utara

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA MELALUI KEGIATAN POSYANDU MATAHARI DI DUSUN KRADENAN UTARA

Create By Admin KKN UNY 07 October 2022 Views
IMG

Apa itu Pemberdayaan Masyarakat

 

Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya dan strategi untuk mewujudkan kemampuan dan kemandirian pada masyarakat. Permendagri (Peraturan Kementrian Dalam Negeri) RI Nomor 7 Tahun 2007 tentang Kader Pemberdayaan masyarakat dinyatakan bahwa: Pemberdayaan masyarakat adalah suatu strategi yang digunakan dalam pembangunan masyarakat sebagai upaya untuk mewujudkan kemampun dan kemandirian dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara (Pasal 1, ayat (8)”.

 

Tujuan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatan Posyandu

 

Diharapkan dengan adanya pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan posyandu dapat memperbaiki sistem pelayanan dalam membantu atau menjaga kesehatan masyarakat Dusun Kradenan Utara melalui Kegiatan Posyandu Matahari (mempermudah masyarakat dalam memeriksakan kesehatan secara rutin terutama untuk balita,ibu hamil, dan juga lansia), untuk meningkatkan Kesadaran Masyarakat akan pentingnya kesehatan melalui kegiatan Posyandu, serta meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) menjadi lebih baik dimasa yang akan datang dengan menjadikan posyandu sebagai pusat layanan keluarga yang paling mudah dijangkau dan di akses.

 

Kegiatan Rutin Posyandu Matahari

 

Program posyandu merupakan upaya strategis dengan tujuan jangka panjang menurunkan angka kematian bayi, angka kematian ibu dan angka kelahiran, serta memiliki peran di masyarakat dalam pembangunan kesehatan di Kradenan Utara. Melalui program ini, masalah gizi pada bayi, balita, ibu hamil, ibu menyusui dan lansia dapat dipantau secara langsung, di antaranya melalui pemantauan pertumbuhan anak sehingga dapat mendeteksi kasus gizi buruk secara dini. Kegiatan yang dilaksanakan secara rutin setiap bulan menjadikan program ini sangat efektif untuk mencegah terjadinya masalah gizi pada masyarakat. Berfungsinya peran posyandu menjadi harapan dalam mencapai kesejahteraan masyarakat yang semakin baik terutama di Dusun Kradenan Utara.

 

Partisipasi Warga Desa Kradenan Utara dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatan Posyandu Matahari

 

Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengikut sertakan masyarakat sebagai sasaran atau partisipan yang bertindak dalam pemberdayaan agar lebih efektif dan perencanaan pada pemberdayaan masyarakat dapat berjalan dengan baik. Serta bisa menggerakkan masyarakat aktif dan produktif dalam kegiatan pemberdayaan seperti Karangtaruna atau Pemuda-Pemudi Dusun Kradenan untuk ikut serta dalam kegiatan posyandu.

 

Oleh: Dyah Arum Putri

Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta