IMG-LOGO
Kradenan Selatan

Wujudkan Sekolah Sehat, Mahasiswa KKN UNY 2022-26207 Melakukan Sosialisasi PHBS di SD N Kradenan 1

Create By Admin KKN UNY 08 October 2022 Views
IMG

Upaya promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat sudah banyak dilakukan dalam rangka pengubahan perilaku masyarakat menuju perilaku hidup bersih dan sehat, tidak terkecuali di lingkungan sekolah. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah adalah sekumpulan  perilaku atau tindakan yang dipraktikkan oleh siswa, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah dalam mengupayakan kebersihan dan kesehatan dari kemauan diri sendiri dan menularkannya kepada orang lain. Mahasiswa KKN UNY 2022-26207 yang bertempat di Dusun Kradenan Selatan, Desa Kradenan, Srumbung, Magelang melakukan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SD N Kradenan 1 pada Jum’at, 26 Agustus 2022. Sasaran kegiatan Sosialisasi PHBS di sekolah merupakan siswa kelas 3-5 SD. Sosialisasi PHBS di sekolah dasar, merupakan salah satu program kerja KKN UNY yang dilakukan guna menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, sehingga dapat mendukung kelancaran proses belajar mengajar pada siswa, guru, serta masyarakat di sekitar lingkungan sekolah. Kegiatan ini juga dilakukan sebagai upaya preventif untuk menjaga tubuh agar warga sekolah terhindar dari berbagai jenis penyakit. 

 

 

Mahasiswa memberikan edukasi kepada siswa mengenai indikator perilaku hidup bersih dan sehat yang meliputi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), membuang dan memilah sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan jamban, mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, serta melakukan aktivitas fisik. Sosialisasi ini disampaikan melalui media power point bergambar, video edukasi, dan diselingi dengan games berhadiah untuk memantik semangat dan antusias siswa dalam mengikuti materi yang disampaikan. 

 

 

Setelah materi disampaikan, siswa dipandu oleh Tim KKN untuk mempraktikan cuci tangan pakai sabun dengan tepat. Secara bergiliran, siswa melakukan cuci tangan menggunakan sabun sesuai langkah yang telah dicontohkan oleh mahasiswa. Tidak lupa, siswa juga diarahkan untuk menulis pengalaman mereka mengenai hidup bersih dan sehat yang pernah lakukan di sekolah. Sebagai penutup kegiatan, mahasiswa membagikan jajanan sehat kepada siswa dan melakukan sesi foto bersama.

 

OlehTim KKN UNY 2022-26207

 

 

96,8 FM Radio Gemilang